Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

HEAD UNIT PLAYER ( CD,DVD.MP3 USB,RADIO) AUDIO MOBIL RUSAK MATOT.

Head unit audio mobil yaitu berpungsi sebagai pemutar kaset CD,DVD,pemutar MP3 USB,dan radio yang menghasilkan suara dan di lengkapi power amplifier internal antara 20- 80 watt,merupakan alat yang vital dan pasti dipasang pada setiap kendaraan,head unit ini yang dulu di kenal dengan tape mobil karena media nya menggunakan tape player ( pita kaset )juga dulu juga dilengkapi dengan radio player.

 

Seiring dengan jaman pemutar kaset pita ( tape mobil ) sudah dianggap jadul maka sekarang head unit player dilengkapi dengan pemutar CD,DVD,USB player serta Radio bahkan di lengkapi dengan Layar Tv untuk menonton TV serta Video musik player.Di perangkat audio mobil ini juga banyak di pasangkan dengan power booster Amplifier,subwoofer dsb.Tergantung minat dan selera tentu nya.

 

Nah apa apa jadinya head unit ini ketika rusak ?
Baca juga cara mengatasi “MISWIRING CHK WIRING THEN RESET UNIT” / atau juga muncul pesan yang lain yang hampir mirip yaitu“WARNING CHK WIRING THEN RESET UNIT”di head unit mobil merk JVC.
Beberapa kerusakan yang sering terjadi di head unit adalah seperti :
Pemutar DVD/VCD nya rusak,tapi USB player MP3 nya normal.
Pemutar USB nya rusak,DVD / VCD nya cekat cekot,terkadang pilihan pada kaset,tidak semua kaset bisa di putar walau itu kaset baru.
Display head unit tidak menyala.Otomatis mati total / matot.
Display menyala,pemutar DVD/VCD normal,suara tidak ada walau gain control volume full.
Beberapa penyebab di antara antara lain sebagai berikut :
Seiring pemakaian dan karena di bawa bergerak oleh kendaraan,dan sering nya kena getaran baik oleh jalan rusak maupun getaram mesin.
Terkena air ketika sedang cuci mobil.
Tegangan accu tidak stabil,dan biasa nya berhubungan dengan kelistrikan mobil yang terganggu.
Pemakaian yang jabrah atau tidak normal oleh pemakai.
Dikesempatan ini admin pernah punya pengalaman head unit alias pemutar dvd/vcd/usb mp3/4,nya rusak matot.alias mati total,hanya diam terpaku tak memberikan keuntungan apa apa,,hehehe.sDengan bermodal kan head unit kelas low end,alias murah,maka kerusakan lebih cepat daripada semesti nya,,hehe.
Dan setelah bongkar bongkar sendiri dan sedikit menggunakan ilmu sedikit nekad akhir nya di temukan bahwa X.TAL di dekat IC program/CPU nya rusak,hal itu bisa di ketahui dengan melakukan penggantian,X-Tal 12.000 ini ternyata berakibat akan mati nya display di depan head unit,dan sekaligus tombol tombol baik tombol power,volume dan lain sebagai nya tidak bisa di gunakan.
Dan karena X.Tal( Kristal ) 12.000 tidak ada maka kebetulan di gantikan dengan ukuran 24.000 dan jreng head unit pemutar DVD/VCD/CD/USB PLAYER ini normal kembali.Padahal tegangan yang masuk ke bagian CPU/program ini normal.Pengalaman di atas hanya sebagian saja dari kerusakan head unit pemutar DVD/USB/radio di mobil.
Jadi kesimpulan nya kita jangan tergesa gesa mengdiagnosa bahwa aisi program nya rusak,tak rugi kalau kita coba dulu menganalisa dari yang termurah dulu.
Tag related…tape mobil rusak matot,display tape mobil tidak menyala,tombol power tape mobil dipijit tidak menyala,tape mobil kebakar,head unit mobil avanza matot,kerusakan head unit audio mobil,cara memperbaiki kerusakan head unit audio mobil.