Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Memperbaiki Mainboard LCD TV Buatan Cina

Seiring berubah nya jaman yang tadi nya mendapatkan jatah service LCD TV yang sangat jarang paling ada satu kali dalam setahun,ternyata di akhir akhir ini sering sekali bengkel kecil kecilan suami saya mendapatkan orderan service tv LCD,LED maupun PLasma.Tentunya problem nya adalah karena hal baru barang baru dan produksi baru ,maka kami pun kurang menguasai cara perbaikan TV jenis ini.

Tapi apalah daya namanya juga tukang service dengan omset yang paling biasa dan penghasialahlan yang alakadar nya,mana mungkin kami bisa membiayai pendidikan tambahan mengenai cara service jenis baru LED,LCD maupun Plasma.

Maka jalan terakhir nya adalah dengan cara otodidak dan cari cari ilmu melalui postingan postingan dari rekan rekan baik itu dari dalam negri maupun luar negri dengan bahasa yang super sulit.

Maklum mana mungkin kita menolak apabila ada pelanggan yang akan memperbaiki TV LCD nya menggunakan jasa kita.Malu gan,masa kita pilih pilih kerjaan.

Maka nya browser dan sering nya membaca ilmu ilmu yang diberikan para master di google diharapkan kita punya dasar sedikit atau banyak tentang cara kerja TV LCD,LED,Plasma dan lain sebagai nya,dan berusaha untuk menimba ilmu agar kita bisa mampu dalam memperbaiki jenis TV baru tersebut.

Itulah sedikit basa basi atau curahan hati ketika kita di hadapkan pada suatu hal yang menjebak kita di antara problema pekerjaan pahit dan getir nya sebagai tukang service. Nah kembali ketopik di atas tentang pengalaman unik dalam memperbaiki MAINBOARD TV LCD buatan cina.

Keluhan dari pelanggan adalah TV ini tidak menyala sedikitpun hanya tanda standbye saja di panel depan dengan lampu merah yang menyala,tombol manapun di pijit di panel depan TV LCD ini tidak bereaksi sedikitpun,alias mugen diam seribu bahasa.

Maklum orang blogger maka hal pertama cari cari artikel di google dengan harapan ada master LCD yang memberikan pencerahan dalam kasus yang di alami kami sekarang ini. Tapi tidak ada yang bisa kami lakukan karena artikel yang membahas ternyata tidak cocok dengan kerusakan TV LCD yang kami alami.Tentu saja dengan terlebih dahulu mempraktekan apa yang ditunjukan oleh para master tersebut.

Akhir nya kami berusaha sendiri untuk mengatasi nya.Dengan memperhatikan apa saja pantangan dalam memperbaiki TV lCD ini khususnya di bagian mainboard atau T .Con dan panel layar.

Pantangan nya adalah jangan sekali kali menyentuh kit rangkaian dengan tangan walaupun di bagian yang tidak bertegangan tinggi,karena pernah suatu kasus TV sudah menyala terus di raba raba bagian mainboard TV LCD akibat nya ternyata Fatal IC CPU atau program nya jadi rusak korslet tidak ketulungan,,,,hehehe..mungkin faktor nasib ya.


Oke kembali ke perbaikan TV LCD tadi,mainboard setelah di bongkar dengan terlebih dahulu memeriksa bagian power supply dan dirasa di bagian power supply tidak ada kejanggalan,maka akhirnya penelusuran di fokuskan ke bagian mainboard,dan setelah di ukur ukur tegangan akhir nya tegangan 3,3 Volt nya ternyata menghilang.Dibagian ini mata tertuju ke sejenis transistor berkaki 5 yang entah apa namanya bagian out nya korslet.

Karena onderdil nya tidak ada dan lagian namanya juga tidak mengerti entah nomor berapa,akhirnya kami mencoba memodifikasi nya.Dengan cara mencabut kaki out 3,3 volt nya,kemudian menggunakan tahanan 56 ohm 2 watt yang di pasang ke tegangan 5 Volt dengan bantuan zener 3,3 volt ke ground sebagai pembatas tegangan,dan akhir nya TV LCD bisa normal,tapi ada kendala ketika tombol power di matikan di layar masih tampak menyala walaupun tidak muncul gambar.

Nah karena ada efek nya seperti itu kami meng informasikan nya ke pelanggan kami dan mengatakan hal itu tidak bisa di akalin kembali.Akhir nya pelanggan pun mengerti ,katanya yang penting TV nya bisa di tonton,walaupun TV harus di matikan dengan cara mencabut langsung dari tegangan PLN nya. Mudah mudahan ada manfaat nya walaupun pengalaman yang hanya ecek ecek atau kurang berilmu.

Tag cara memperbaiki mesin mainboard TV LCD cina,memperbaiki TV LCD matot tidak ada gambar.