Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Modifikasi Inverter Backlight Di Monitor LCD China

Pengalaman Modifikasi Inverter Backlight Di Monitor LCD China

Dapat orderan sebuah LCD Monitor merk Multimax dengan kerusakan mati total,yang tentunya ditandai dengan tak bereaksi nya ketika jack AC di pasang ke tegangan listrik.Tanpa berlama lama casing LCD di bongkar lalu agan agan juga pasti tahu kan perhatian tertuju pada rangkaian Ac Matic atau power supply dari monitor tersebut.

Lama memperhatikan dan melakukan pengukuran di semua komponen maupun tegangan.Akhirnya diketahui bahwa tegangan drof atau korslet dibagian out nya yang seharusnya 12 volt.Memang iya ketika soket dc out kebagian board dan inverter di cabut,tegangan di power supply keluar normal 12 volt.

Kemudian satu persatu bagian VCC di ukur dan didapati tegangan di bagian inverter blacklight korslet.Penelusuran kerusakan dan pengukuran alhirnya tertuju pada bagian inverter backlight yaitu sebuah rangkaian pengubah tegangan DC biasa menjadi high voltage untuk menyalakan lampu CCFL di belakang layar LCD.

Baca juga disini : Test Menyala Atau Tidaknya Lampu LED di Rangkaian Backlight TV LED Polytron.

Dan akhirnya di dapati IC yang nomor nya sudah tidak terlihat lagi kelihatan meletus bagian atas nya,nah disitulah kebingungan ini berlanjut karena sparepart nya didapat darimana apalagi tinggal di pelosok wah bukan hal yang gampang untuk dicari.

Akhirnya teori asal bagus dengan berbagai cara pun dilakukan,bermodalkan alat pengukuran akhirnya di simpulkan modifikasi IC ini akan di ganti dengan Transitor FET dipasang dua buah dan kebetulan yang ada adalah TR FET 7N65.Bagaiman cara memasang dan modifikasi inverter backlight LCD ini tentunya akan di jelaskan dengan gambar di bawah ini.

Dan akhirnya setelah dilakukan pengukuran tegangan out High Voltage untuk lampu CCFL sebagai lampu backlight di layar lcd merk multimax ini keluar dengan normal.Setelah semua dipasangkan akhirnya LCD Mutimax bisa di pergunakan normal tanpa ada kendala lagi.