Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Agar Lampu Besar Di mobil Kijang Super Lebih Terang.

Ini juga berlaku bagi mobil mobil lain nya yang bermasalah pada lampunya.
Kenapa lampu besar atau yang bias disebut head lamp sering redup ketika dinyalakan ?
Ini karena perkabelan mobil lama sudah menurun kualitas nya karena factor umur,walaupun kita juga tahu betapa bagus nya kabel kabel jaman dahulu sangat bagus kualitas nya dibandingkan dengan jaman sekarang.
Soket kabel juga biasanya pin pin nya sudah berkarat.
Bagaimana caranya memperbaiki problem diatas?

 

Big Motivation akan membagi beberapa tips mudah mudahan ada manfaatnya.
HSBC HSBC HSBC
Cara yang paling bagus adalah dengan mengganti semua kabel dari saklar yang ada di setir yang menuju ke lampu depan.Tentu hal ini akan membutuhkan skil dan harus membongkar bagian stir, tentunya hal ini akan sedikit merepotkan karena membongkar bagian setir ini akan sangat lama dan tentunya harus hati hati,karena banyak sekali transmisi kabel dari semua bagian kelistrikan mobil yang mengarah ke bagian stir mobil.
Kalau anda males membuka bagian setir tentunya ada cara lain yang paling mudah dengan syarat kabel yang menuju lampu depan tidak terlalu jelek jelek amat,Kita bias mengakali nya dengan pasang relay didekat lampu depan mobil,tentunya kita tahu kan lampu depan mobil dimobil kijang itu dekat sekali dengan aki mobil,
Maka apabila kita pasang kabel dari aki menuju relay baru kemudian ke lampu besar maka lampu akan menyala lebih terang,karena tegangan yang beramper besar sekitar 10 ampere bahkan lebih,yang dibutuhkan lampu akan langsung dari aki tidak memutar dahulu ke belakang menuju stir kemudian balik lagi ke lampu di depan.
Sedangkan kabel dari stir yang sebelum nya menuju lampu langsung akan dipergunakan untuk supply kontak relay dan tentunya relay hanya membutuhkan arus ampere yang sangat kecil hanya berkisar sekitar 500 mA saja.
Hal ini tentunya akan mengurangi beban kabel yang menuju stir dan saklar lampu baik on off maupun saklar lampu dekat maupun jauh.Tentunya saklar akan lebih awet dan akan ringan kerja nya karena arus yang melewati nya sangatlah kecil.
Arus kelistrikan DC  akan lebih baik dan lebih optimal apabila kabel lebih pendek dan penampang kabel lebih besar. Bagaimana cara pasang nya agar lampu depan maksimal dan menyala terang.
Pertama tama kita lihat dahulu skema lampu di mobil kijang seperti gambar dibawah ini.
Perhatian relay yang digunakan harus yang berkualitas bagus jangan beli yang abal abal,karena barang jelek bias mengakibatkan korslet listrik dan fatal nya lagi bias menyebabkan kebakaran.Kabel yang digunakan juga harus berpenampang besar dan asli tembaga,jangan campuran alumunium.