Alat alat untuk setting dan reset motor injeksi Honda maupun Yamaha

Motor injeksi sekarang sudah tentunya kita berada dijamannya,betapa tidak semua motor keluaran terbaru menggunakan sistem injeksi.Klaim lebih irit bahan bakar,dan perawatannya tentunya sangat mudah bagi sebagian orang.Bila motor bermasalah tinggal masuk ke service resminya tuh motor,diagnosa ini itu pakai alat alat tertentu,beres dech.

Hmm bagaimana dengan bengkel bengkel konvensional kebanyakan yang ada dipelosok pelosok,yang masih familiar dengan sistem karburator? Sungguh terasa berat akan teknologi baru,bahkan masih ada diantaranya yang menangani kerusakan motor injeksi dengan cara biasa seperti motor karburator.

Contoh nya teman saya,dia mengeluarkan uang hampir 400 ribu rupiah untuk beli kiprok karena didiagnosa motor nya kurang setrumnya katanya.Eh setelah diganti tetap saja mbrebed,injeksi lhoh..hehe.

Usut punya usut sesudah dibawa kebengkel resmi nya,eh cukup di reset tuh motor teman saya,colok soket kabel,klik sana sini,nyalakan kontak,matikan,dan breemmmm motorpun normal kembali.Hmm ternyata dan ternyata teknologi terbaru tentunya cara penangannya juga dengan tool atau peralatan tambahan yang terbaru pula.

Tentunya bagi bengkel bengkel lain selain bengkel resmi harus mengeluarkan uang kocek lebih dalam lagi untuk membeli peralatan diagnosic tool tersebut,apabila masih ingin tetap berkecimpung didunia persilatan.

 

HiDS( Honda Injection Diagnostic Tool)

Kembali ketopik utama,diagnostic tool untuk motor tentu berbeda tiap merk motor tersebut,yang saya ketahui untuk motor Honda injeksi ada alat untuk service dan diagnosticnya adalah HiDS( Honda Injection Diagnostic Tool).

FIDT( Fuel Injection Diagnostic Tool)

Dan Untuk sepeda motor Yamaha sejauh yang saya ketahui adalah FIDT( Fuel Injection Diagnostic Tool) atau ada juga yang bilang scanner motor Yamaha.

API Doctor.

Dan selain kedua nama diatas ada juga tool tool lain seperti API Doctor keluaran API Tech ( Thailand ),dan juga ada alat diagnostic tool buatan mahasiswa mahasiswa kreatif anak bangsa.

Untuk API Doctor sendiri tentunya buat motor Yamaha dan Honda tentunya berbeda.Kalau buat motor Honda tentu API Doctornya yang diperuntukan untuk motor Honda pula,begitu pula dengan API Doctor untuk Yamaha.Harga nya lumayan sekitar 3 sampai 4 juta rupiah untuk satu buah API Doctor tersebut.

Contoh kegunaan API Doctor ini adalah mereset atau restar ECU motor,contohnya ketika ECU dalam mode terkunci di hemat BBM dan tentunya tenaga akan kurang maka kita bisa menggunakan alat ini untuk kembali ke performa maksimal.Dan alat ini digunakan tanpa harus tersambung pada laptop,dan dapat digunakan oleh semua mekanik,alat ini cocok untuk dimiliki oleh semua bengkel baik itu dipelosok maupun perkotaan.

Kegunaan alat alat reset atau alat alat setting motor injeksi selain diatas adalah diantara nya :

Menghapus kode kesalahan,Membaca DTC,Analisa data,Penyesuaian CO,dan lain sebagainya.

Dan selain alat alat diatas ada juga alat sangat sederhana yang hanya berkisar 35 rupiah yaitu dengan nama DLC konektor.Ini juga berguna apabila motor injeksi kita kehabisan BBM error sekala ringan dan lain sebagainya,untuk lebih jelasnya bisa kita baca di artikel ini.

Wah wah ternyata kita tentunya harus mengikuti jaman,sudah lama mesin motor harian dalam teknologi yang hampir sama selama beberapa tahun terakhir,dan ini adalah sebuah tantangan baru bagi kita sebagai bengkel otomotif didaerah daerah pinggiran.

Untuk tambahan buat motor Yamaha V-Ixion, Yamaha Jupiter Z1, Yamaha Mio J atau X-Ride,soket nya berbeda dengan varian barunya seperti Yamaha MX-King,Yamaha NMAX,Yamaha MIO M3.

Soket reset injeksi Yamaha NMAX dan soket reset yamaha MX-King dan juga Yamaha MIO M3 berbeda soket reset Injeksi dengan Yamaha V-ixion lama,Yamaha Jupiter Z1,Mio J dan X-Ride.

Harga harga alat untuk menyetel motor injeksi ini bervariasi :

Untuk alat reset motor injeksi Honda dengan merk API Doctor berkisar sekitar 3 juta rupiah.

Harga alat reset motor injeksi motor Yamaha dengan merk API Doctor berkisar antara 3,2 juta rupiah.

Untuk alat reset motor injeksi merk lain yang lebih terjangkau ada juga dengan nama

Iquteche Diagnostic tool motor Injeksi dengan harga sekitar 900 ribu rupiah.Dan tentunya harus diperhatikan pula peruntukannya bagi Yamaha ataupun Honda,alat ini berbeda dengan API Doctor yang punya layar display sendiri,sedangkan alat ini dipasang ke PC atau Laptop dengan menggunakan software.

Sudah saatnya kita tidak menolak rezeki dengan menolak untuk service motor injeksi,beli peralatannya,pelajari dan tentunya lakukan sesuai buku panduan.

Oke untuk sementara artikel ini dicukupkan sekian,mohon maaf apabila ada kesalahan mohon dikoreksi hanya sekedar berbagi pengalaman saja gan,maaf ini bukanlah tutorial.