Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Receiver Parabola Tanaka Program Hanya Sebagian Vertikal Saja.

Receiver merk tanaka,matrix atau yang lain nya baik mpeg2 atau mpeg4 terkadang sering ada keluhan program atau channel nya muncul hanya sebagian saja.Dalam kasus ane kali ini yang ada hanya muncul bagian Vertikal saja,sedangkan bagian Horizontal seperti TV One,Metro Tv Indosiar,SCTV dan juga Trans Tv dan lain lain hilang tidak ada sinyal di receiver Tanaka T-21 Kyoto ini.

Dan selama ini yang kita ketahui bahwa bagian Vertikal di LNB akan berfungsi apabila tegangan LNB adalah 13 volt.Dan Tegangan untuk Horizontal adalah 18 Volt untuk mengaktifkan polarisasi horizaontalnya.Setelah kita mengetahui gambaran tegangan yang masuk ke LNB,diagnosa nya adalah tidak muncul nya tegangan 18 volt yang masuk ke LNB.

Hal tersebut bisa terjadi apabila ada beberapa kerusakan di titik titik berikut ini.

Tegangan dari power supply pencatu daya 20 volt drop.

Tegangan pencatu daya kurang ini hanya ada di titik 20 volt tersebut,karena receiver masih bisa menyala,berarti tegangan 3,3 volt tegangan utama ke mpeg masih bagus.

Hal ini bisa di sebabkan melemah nya elko 100 uf 50 volt di jalur tegangan 20 volt di PCB power supply tersebut.(lihat gambar).

Korslet atau putus nya transistor S8550.

Melihat rangkaian yang di gambar transistor S8550 tersebut ada dua buah,ada baik nya di ganti saja dua duanya.Persamaan transistor S8550 tersebut adalah FCS 9012.Jadi kedua jenis transistor ini bisa saling menggantikan satu sama yang lain nya.

LNB rusak.

Kasus LNB rusak juga sering sekali terjadi.

Untuk memastikan kerusakan di bagian receiver atau di LNB tentunya yang paling gampang adalah menggunakan uji coba menggunakan receiver lain yang sudah teruji normal di dish parabola yang lain.

Kabel Coaxial 75 ohm.

Walaupun jarang terjadi kerusakan pada kabel yang menyebabkan sebagian sinyal di parabola menghilang,tapi tidak menutup kemungkinan kabel yang sudah lama akan mempengaruhi daya hantar sinyal dari LNB ke receiver,kerusakan kabel bisa di ukur dan diamati secara fisik apabila sudah ada keganjalan lebih baik di ganti saja apalagi kalau sudah kemasukan air maka di ganti adalah hal yang wajib dilakukan.

Ac matic atau power supply yang tidak cocok.

Ini berlaku apabilla kita menemukan rangkaian power supply yang sudah di ganti,ada beberapa receiver jenis keluaran lama yang menggunakan tegangan VCC nya lebih dari 20 volt.Contoh nya ada yang 24 volt bahkan sampai 30 volt.Tentu saja apabila jenis receiver lama ini di ganti dengan modul Ac matic yang hanya keluaran maksimal sampai 20 volt tentunya akan berpengaruh pada penerimaan sinyal di polarisasi Horizontal.

Pengaturan antena di menu receiver.

Ini jarang sekali sering terjadi kesalahan karena kita sebagai teknisi pasti sudah mengetahui nya,tapi tak apalah hanya sekedar mengingatkan bahwa pengaturan antena untuk receiver adalah posisi 13/18 volt nya harus automatis.Dan juga apabila ingin tambah saluran manual tentu harus dipilih polarisasi H atau V nya.

Tag : Receiver sinyal atau saluran hilang sebagian.

Receiver tanaka saluran nya hilang sebagian.