Rem mendadak ban motor tidak stabil,jangan lupakan cek bagian motor ini!

Mengendarai sepeda motor sekarang sudah menjadi suatu kebutuhan,aktifitas yang berbeda dengan tempat tinggal kita memerlukan suatu alat transportasi yang cepat,simpel.Selain berkendara yang baik mematuhi peraturan dan Undang Undang berlaku di jalan raya,tentunya kelayakan kendaraan ketika kita mengendarai motor harus tetap di perhatikan,karena apapun yang terjadi yang tidak diharapkan,tentunya yang disalahkan adalah pengendaranya dan bukan motornya.

Sepertinya kejadian dibawah ini layak dijadikan pertimbangan dalam perawatan sepeda motor karena terkadang hal hal yang sepele sering kita terlupakan,apalagi ketika motor kita sudah berumur.

Seperti biasa ketika rutinitas belanja ke kota,ane menggunakan motor yang bukan biasa sehari hari di tunggangi.Motor dengan merk Honda Supra Fit New ini kebilang baru dibeli dengan kondisi bekas dan sudah berumur sekitar tujuh tahun.

Seperti biasa uji test kelayakan di jalan seperti lampu sein,lampu rem,lampu utama,klakson,kedalaman alur ban dan rem tentunya sudah di cek.Perasaan semua perlengkapan motor sudah siap tanpa ada kendala.

Namun begitulah hal hal yang tidak terduga yang disebabkan karena sudah menurun nya kualitas komponen yang ada di sepeda motor tentunya ada saja kejadian yang tidak diharapkan.

Ketika beriringan dijalan yang menurun,motor ane dibelakang mobil Avanza yang tiba tiba mobil tersebut rem mendadak,walaupun jarak antara mobil dan motorku lebih dari 3 meter namun secara reflek ane pun rem dan mendadak pula,namun apa yang terjadi ban belakang tidak stabil oleng kekiri dan kekanan hampir saja tidak tertahan dan hampir nyundul belakang mobil tersebut.

Lah ko bisa begitu,sedangkan motor yang sebelumnya yang selalu setia ditunggangi,walaupun rem mendadak sekalipun motor atau ban tersebut tidak oleng kekiri dan kekanan.Setelah sampai ketempat tujuan akhirnya kuputuskan untuk mengunjungi bengkel langganan ane.

Karena tentunya kejadian rem mendadak tentu akan sering di alami dan apabila motor tidak stabil begini apa jadinya,dan kemungkinan besar kecelakaan akan terjadi baik tunggal maupun melibatkan pengendara lain.

Inilah penyebab motor Honda Supra Fit New ane tidak stabil ketika melakukan pengereman mendadak.

Setelah selesai pengecekan,akhirnya kesimpulan dari bengkel langganan ane yang menurunnya kualitas dimotor ane adalah sebagai berikut :

Shockbreaker.

Shockbreaker belakang bos karet nya sudah melar,dan menyebabkan longgar nya shockbreaker ke bodi motor.Walaupun shock breker masih dikatakan masih bagus,namun apabila karet bos nya sudah goblak tentunya akan menyebabkan tidak stabilnya motor ketika melakukan pengereman,dan apabila dibawa menikung akan terasa menjatuhkan.Dan yang di sayangkan oleh bengkel adalah shockbreaker dimotor ane terlalu tinggi atau panjang dan juga memang sudah bukan original,dan tentunya laju motor ketika tidak membawa muatan barang akan terasa ringan dan menyebabkan motor kurang stabil ketika melakukan pengereman mendadak.

Panel Rem belakang sudah longgar.

Panel rem motor sebagai rumah nya kampas rem tromol belakang ternyata apabila lubang dari kontrol rem nya sudah goblak tentunya akan menyebabkan tidak stabil nya pengereman.

Itulah kerusakan yang terjadi dimotor ane,akhir nya setelah dilakukan penggantian dan dicoba untuk melakukan pengereman mendadak akhirnya motor pun stabil kembali.Dan shockbreaker pun akhirnya diganti dengan yang shockbreaker yang original.

Sebagai tambahan apabila motor oleng kekiri dan kekanan tidak stabil ketika melakukan pengereman mendadak selain faktor diatas juga bisa disebabkan oleh faktor faktor dibawah ini:
Ban yang terlalu keras atau angin nya terlalu penuh.
Posisi ban depan dan ban belakang tidak berada di garis yang lurus.
Bos swing Arm,atau bos lengan ayun sudah goblak.
Tromol sudah aus atau habis bagian yang terkena kampas rem nya.
Pelk sudah tidak presisi.

Laher ( Bearing ) di tromol sudah rusak atau goblak ( ini sering terjadi).

Itulah beberapa penyebab tidak stabilnya motor ketika melakukan pengereman khususnya dibagian roda belakang.Mudah mudahan ada manfaatnya.