Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Sekilas tentang cara SWR kabel RG8 inner tunggal.

Kabel antena dalam dunia radio transceiver adalah salah satu komponen yang sangat penting.Kabel yang mentransmisikan signal radio ke antena dan antena yang memancarkan nya tanpa terhambat oleh kabel penyalur tersebut.
Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman dalam pemasangan kabel serta jenis kabel yang dibahas disini adalah jenis kabel RG8.
Selain kabel RG8  masih banyak lagi jenis kabel yang pergunakan dalam dunia pemancar.Hanya saja saya tidak terlalu mengalami jenis kabel lain yang bahkan bisa lebih bagus dari kabel RG8,karena keterbatasan modal.
Kabel RG8 yang saya ketahui ada dua macam yaitu kabel dengan inner tunggal dan ada kabel RG8 yang inner serabut.Kalau saya salah mohon dikoreksi saja karena yang saya tahu hanya segitu hehehe maklum kuper.
Kabel yang saya pakai adalah kabel RG 8 dengan inner tunggal dan memang sangat cocok sekali dengan antena Omny G7 saya.Menurut sang penjual antena,katanya harus menggunakan kabel RG8 50 ohm dengan inner yang tunggal,dan jangan lupa untuk matching dulu kabel dengan dummy load 50 ohm.
Andrew CNT400FR adalah merk yang tertulis di kabel RG8 saya ,katanya ini merk yang bagus dan berkualitas.Walaupun dipasaran banyak sekali merk merk kabel RG8 seperti Belden,Erricson,dan lain sebagai nya,pilihan tertuju pada merk Andrew ini.
Selain kabel yang ber inner tunggal saya juga memiliki kabel RG8 yang serabut,dan hanya dipakai pada antena Yagi,ini dimaksudkan agar rentang prekuensi lebih luas tanpa terlalu merubah nilai SWR.

Bagaimana cara matching kabel dengan dummy load 50 ohm menggunakan SWR yang benar?
Begini penjelasan kata pakar antena bapak Uju Antapani Bandung.

Pasang Dummy load ke SWR langsung,cek nilai SWR dummy load twrsebut.Lalu persiapkan konektor T.Pasang ujung konektor male ke SWR,sedangkan kedua ujung female di pasang masing masing ke kabel dan ke dummy load.Bentangkan kabel tersebut kemudian kalau belum sama nilai nya dengan SWR dummy load,kabel di potong di ujung satu nya lagi sekitar 3 CM begitu seterus nya sampai diketemukan nilai SWR yang sama.
Beberapa jenis kabel dan merk RG8 yang saya ketahui adalah :
  1. Kabel Andrew.
  2. Kabel Belden 9913.
  3. Kabel RG8 Ericson.
  4. Kabel RG8 Fujikura.
  5. Dan Banyak lagi yang lain nya.

Ini hanya berbagi pengalaman bukan tutorial ya.