Service speaker aktif Polytron suara kecil dan serak.

Suara speaker aktif Polytron sudah pasti suara nya empuk,bass mantap,suara suara musik yang lembut semua nya keluar,desain yang elegan begitu memanjakan para pemakai nya.Itulah sedikit nya gambaran mengenai speaker aktif merk Polytron ini.

Masih ingat diawal mula kemunculan dari speaker aktif baik polytron maupun merk lain nya adalah berbarengan dengan VCD player tahun 2000 an,yang dibuat dengan tujuan memberikan kemudahanmendengarkan musik dari VCD player tanpa harus ribet bermacam macam instalasi seperti menggunakan amplifier terpisah dan juga box speaker yang terpisah.

Nah bagaimana jadi nya kalau sudah sekian waktu speaker aktif kesayangan kita suara nya mendadak mengecil,suara sember,suara serak bahkan hanya terdengar ces ces dan suara didalam.

Nah ini adalah tanda tanda komponen penguat suara di dalam speaker aktif ini ada yang rusak,korslet dan lain sebagai nya.

Polytron biasa nya menggunakan rangkaian Ac matic sebagai power supply nya,berbeda dengan merk merk lain nya yang kebanyakan nya menggunakan trafo sebagai power supply nya.

Polytron yang menggunakan IC sebagai penguat akhir suara nya.

Apabila didapati suara kecil sember bahkan speaker aktif polytron ini mendengung bisa dipastikan kerusakan pada IC power nya.IC dengan jenis TDA mendominasi kebanyakan rangkaian speaker aktif polytron ini.

Polytron yang menggunakan Transistor dengan sistem OCL.

TIP 41 dan juga TIP 42 sering digunakan pada transistor akhir di rangkaian power speaker aktif Polytron ini.C945 dan A1015 sering digunakan pada penguat driver.Dan apabila disalah satu alat tersebut ada yang korslet maka tegangan simetris atau CT nya akan berbeda.Misal yang rusak di bagian TIP 41 maka tegangan VCC plus akan drop,dan begitu juga sebalik nya.Dan rangkaian speaker aktif Polytron ini rata rata menggunakan proteksi.Maka tidak aneh ketika ada komponen yang rusak,ketika di amati komponen di speaker aktif polytron ini jarang ada yang gosong.

Kerusakan di jenis Polytron ini lumayan komplek,mulai dari transistor penguat yang rusak,koslet atau lemah dan juga transistor transistor kecil sebagai pendukung dan berfungsi sebagai driver.

Tahanan atau resistor juga sering sekali diketemukan rusak.

Baca juga cara service subwoofer ( Bazzoka ) merk Polytron di sini.