Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Test Menyala Atau Tidaknya Lampu LED di Rangkaian Backlight TV LED Polytron.

Catatan tentang perbaikan TV Polytron LED PLD32D552.

Sebagai catatan mesin dari tv LED Polytron model PLD32D552 ini adalah mesinnya menyatu dengan power supplynya..

Rata rata kerusakan umumnya adalah kerusakan pada backlightnya yang menggunakan LED sering rusak,LED LED lampunya bisa diganti salah satunya saja,tidak perlu semuanya,dan tak jarang juga model PLD32D552 ini sering mengalami kerusakannya pada bagian IGBT nya.

Rangkaian IGBT ini adalah menaikan voltage sampai 57 volt untuk menyalakannya LED LED dibelakang panel layar. Dan juga lilitan juga sering terjadi rusak dan sering menemukan lilitannya gosong.

Transistor IGBT yang mirip dengan FET ini adalah menggunakan AOD444/D444 atau yang sejenis.

Dan IC drivernya adalah.OB3550CP sebagai pengatur cahaya terang maupun redupnya LED dibelakang panel.

Harga dari TR Fet /IGBT ini yaitu AOD444/D444 sekitar 15 ribu rupiah dan harga IC OB3550CP juga sama seharga rata rata 15 ribu.

Ciri ciri umumnya adalah kerusakan pada rangkaian backlight adalah TV LED Polytron model PLD32D552 suaranya ada namun gambar tidak ada,dan ketika diterangi pakai senter dari sebelah depan akan terlihat remang remang gambar.

Tapi tentunya rangkaian backlight bisa kita cek dahulu menggunakan PSU rakitan yang lain dengan tegangan maksimal 60 volt,rangkaian test LED di tv bisa kita buat menggunakan dua buah trafo 1ampere atau 500 mA dua buah,dioda bright,dan tidak menggunakan elko.Alat test ini bisa kita lihat pada gambar disamping ini.

Dioda dipasang di kaki nol dan 110 volt ditrafo yang satunya lagi,ujung positif dan negatif nya langsung ke kabel LED nantinya untuk test nyala dan tidaknya lampu LED di TV Polytron LED tersebut.

Untuk lebih detailnya lihat gambar diatas.

Rangkaian ini dibuat berdasarkan pencerahan dari blog master Marsono.

Mudah mudahan ada manfaatnya.

Mohon maaf apabila tulisan kami tidak terlalu baik,karena kami teknisi dan kurang mendalami dalam hal tata cara menulis.