Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Beberapa Alat Bantu Untuk Pelacak Signal Satelit Dan Antena Teresterial UHF.

Pernahkah melihat beberapa teknisi baik pemasangan parabola dan juga antena UHF yang tidak repot repot bawa televisi dan receiver baik receiver parabola maupun receiver teresterial UHF digital ke atap rumah?
Pada umumnya para teknisi di pemasangan parabola dirumah,kantor dan lain sebagainya tentunya butuh alat monitor untuk mengetahui kekuatan signal yang didapat.Berbagai cara teknisi untuk mempercepat pekerjaannya dalam pemasangan antena Tv baik itu parabola  maupun antena Teresterial.
Contoh dibawah ini beberapa teknisi ada yang menggunakan beberapa alat pembantu guna melancarkan pekerjaannya.

  • Radio Walky Talky ( Handy Talky ).

Kegunaan alat telekomunikasi dua arah bagi seorang teknisi tentunya sangat penting sekali mengingat televisi ada dibawah,sedangkan antena baik parabola ataupun antena UHF ada di atas atap.Tentunya penggunaan radio walky talky digunakan oleh dua orang.Satu dibawah untuk memberikan informasi sinyal ke teknisi satunya lagi yang berada diatap.Maka kegunaan radio Walky Talky atau Handy Talky sangat lah penting,namun hal tersebut bisa saja menggunakan telepon,namun kekurangannya tentu kalau telepon akan menggunakan biaya pulsa.Sedangkan Handy Talky atau walky talky gratis.

  • Alat Satelite Finder.( Alat pelacak satelit mini DVBS / DVBS2 ).

Khususnya didunia parabola alat satelite Finder tentunya tidak asing bagi para tracker atau teknisi.Alat ini berguna untuk setting arah parabola dengan tepat.Disertai dengan indikator baik indikator switch 22 K dan juga yang lainnya untuk  memudahkan proses tracking posisi parabola ke satelit tujuan diatas sana.
Contoh dibawah ini beberapa jenis atau merk satelite Finder yang sering digunakan para teknisi.

  1. SATELITE FINDER DIGITAL HD MMP SF-818.
  2. GSF9504 Satellite Finder Signal Meter.
  3. Satelit Finder MMP SF-001.
  4. Satfinder Skybox SF500.
  5. Dan lain sebagainya.

 

Alat ini akan dibawa teknisi ke atap,dan tentunya bisa mempercepat mendapatkan signal maksimal.Rentang frekuensi yang digunakan adalah 950-2150MHz.Alat ini ada yang menggunakan tegangan AC menggunakan adaptor,ada yang menggunakan baterai dan lain sebagainya tergantung jenis dan merk yang kita beli.

  • Alat Pelacak Signal UHF ( Teresterial Finder DVB-T ).

Untuk yang terjangkau pancaran sinyal UHF tereseterial baik analog maupun digital,maka alat pelacak signalnya pun berbeda dengan pelacak sinyal satelit parabola.Karena rentang frekuensi alat pelacak ini hanya bekerja di UHF saja antara  170 – 860MHz.Antena yang digunakan untuk menangkap siaran UHF tentunya bukanlah parabola,melainkan antena UHF seperti Sigma,PF Digital,PF simandra dan lain sebagainya.
Contoh dibawah ini beberapa jenis atau juga merk alat pelacak signal UHF ( DVB-T ) teresterial.

  1. BI154 DVB – T ( DVB – T Signal Finder w/ Compass 5-1000MHz ).

Khususnya alat pelacak sinyal antena UHF hanya menggunakan tegangan dari baterai antara 3 volt sampai 6 volt. Harganya sekitar dibawah 150 ribuan jauh lebih murah dibandingkan dengan alat pelacak satelit untuk parabola.

Itulah beberapa alat bantu melacak sinyal untuk memudahkan teknisi khususnya bagi pemula seperti saya.Mudah mudahan bisa bermanfaat.
NB :
Alat pelacak sinyal satelit parabola.
Alat pelacak sinyal antena UHF.
Cara memperbesar sinyal pancaran antena.
Alat agar sinyal UHF menjadi bagus.