Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara membuat kontrol manual buat Actuator parabola.

Cara membuat kontrol manual buat Actuator parabola.

Actuator parabola atau positioner parabola  tentunya sudah tak asing lagi bagi dunia tracking satelit.Sebagai penggerak dish parabola kebarat dan ketimur sejajar dengan garis khatulistiwa.Sebuah dish parabola tentunya bagi para traking mania akan dijadikan alat untuk menerima berbagai satelit seluruh dunia untuk berbagai arah dari barat sampai ketimur.
Dan tentunya dish parabola tersebut akan dilengkapi penggerak seperti dongkrak menarik dan memanjang menyesuaikan arah dinamakan aqtuator.Bahkan actuator tersebut ada yang memasang dua buah yaitu dibagian horizontal untuk mencari satelit arah satelit dari barat sampai ketimur,ada juga yang memasang dibagian vertikal dengan maksud untuk fine tunning bagian vertikal,walaupun sebagian tracker untuk pemasangan di bagian vertikal adalah hal yang tidak terlalu berguna.
Harga satu set aqtuator dan receiver remote kontrol penggeraknya adalah antara 350 ribu sampai 600 ribu tergantung merk dan kualitas.Sedangkan Aqtuator nya saja berkisar antara 225 ribu saja.

Bagi teknisi yang ngirit seperti kami,kami memilih hanya membeli actuatornya saja atau bagian dongkrak penggeraknya saja.Sedangkan untuk receiver remote kontrolnya menggunakan manual dengan cara membikin sendiri dengan asumsi alias dipijit kiri kanan sesuai keinginan.

Cara membuat kontrol sederhana untuk penggerak dish parabola.
Cara membuat trafo kontrol untuk penggerak aktuator parabola.

Kabel aqtuatornya hanya menggunakan dua buah yaitu negatif dan positif saja.Sedangkan 2 buah untuk kabel sensornya tidak digunakan, namanya juga dibikin manual gan.
Peralatan yang harus dipersiapkan untuk membuat alat kontrol manual actuator sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Satu buah trafo minimal 3A baik CT maupun Nol ( admin menggunakan CT ).
  2. Dioda 3A sebanyak 2 buah untuk CT / 4 buah untuk trafo nol.
  3. Elko 1000 uf 35 volt.
  4. Relay Omron atau sejenis dengan 8 pin sebanyak dua buah.
  5. Saklar push up ( dipijit tanpa ada kait,ketika pijitan dilepas kembali kesemula) dua buah .
  6. Kabel secukupnya.
  7. Box untuk menyimpan trafo.

Cara kerjanya gampang,ketika kita pijit tombol kiri maka dish parabola akan miring kekiri,kalau dipijit tombol kanan dish parabola miring.atau bergerak kekanan. Aturlah tegangan jangan terlalu tinggi dalam hal ini admin hanya menggunakan 12 volt, ini dimaksudkan agar dish parabola bergeraknya sedikit demi sedikit tidak bergerak secara cepat.Makin besar tegangannya maka dish parabola akan bergerak terlalu cepat dan tentunya menyulitkan kita untuk mencari sinyal satelit.

Untuk selebihnya apabila ada kekurangan tentunya kita bisa memasang komponen lainnya untuk pemanis atau pemudah melihat arah.Tergantung selera kita.
Artikel ini adalah hanya sharing sebagai teknisi yang belajar dari para master satelit,dengan daya anggaran yang minimal.Mudah mudahan ada manffatnya.
Mohon maaf apabila gambar kurang begitu baik,maklum kami hanya bisa tracking bukan penulis yang baik ya gan..Harap dimaklum.