Antena TV UHF yang wajib kita ketahui untuk hasil gambar yang jernih.

Setelah bergantinya acakan TV One dari biss ke acakan maut,banyak penikmat siaran bola beralih ke antena tv teresterial UHF.Terkadang banyak juga yang terlanjur serta tidak menyadari bahwa tv One didaerahnya signalnya lemah bahkan tidak ada sama sekali.Banyak yang putus asa setelah memasang tiang atau tower bahkan untuk bisa menikmati pancaran antena TV lewat UHF,namun hasil yang diharapkan ternyata tidak sesuai harapan.

Tentu saja hal ini bisa disebabkan karena ikut-ikutan,atau memang saking mau bangetnya nonton liga lokal yang setadinya bisa ditonton menggunakan antena parabola via satelit palapa,namun akhir akhirnya ternyata berganti acakan menjadi acakan yang tidak bisa di bobol.

Antena tv uhf segala arah.
Cara membuat antena uhf jernih.
Cara membuat antena uhf tutup panci.
Antena tv yang paling bagus menangkap sinyal.
Cara memperkuat sinyal antena uhf.
Ccara membuat antena uhf sinyal kuat.
Cara membuat antena uhf tanpa booster.


Lantas apa itu antena teresterial UHF?

Antena UHF adalah antena yang bisa menerima pancaran tv dari stasiun tv langsung,atau juga lewat stasiun stasiun relay yang dipasang di bukit bukit atau ketinggian.Tentu saja stasiun relay dibangun oleh pihak televisi terkait.
Antena penerima UHF di rumah kita akan diarahkan menuju stasiun pemancar/relay yang terdekat.

Kekurangan daya pancar UHF.

Pancaran di frekuensi UHF sipatnya merambat diatas permukaan tanah,apabila terhalang gedung tinggi atau perbukitan bahkan gunung maka antena penangkap siaran UHF kita akan terganggu bahkan nyaris tidak berguna.Itulah sebabnya stasiun pemancar dan stasiun relay tv disimpan di daerah ketinggian agar jangkauan nya luas.Apabila kita berada jauh serta terhalang perbukitan maka penerimaan antena UHF kita akan berbayang,penuh semut serta tidak jernih gambarnya.

Kelebihan pancaran UHF.

Kelebihannya adalah kita bisa menikmati beragam channel/saluran tv tanpa bayar alias gratis. Hanya saja tentunya penerimaan terbatas hanya saluran yang memenacar didaerah tersebut saja.

Antena apa yang bagus untuk daerah pegunungan yang jauh dari pemancar ?

Untuk daerah yang jauh dari stasiun relay tentu membutuhkan peralatan penerimaan siaran tv UHF yang memadai.Mulai dari antena UHF,booster penguat sinyal TV,kabel,tiang yang tinggi serta cara pemasangan yang sangat teliti. Dibawah ini admin memberikan catatan antena tv yang bagus yang sudah pernah admin test dirumah sendiri.

Gambar dibawah ini contoh booster yang cocok untuk yang jauh dari pemancar dengat RF 4 transistor UHF.

 

Antena TV SIGMA dengan model S300.

Sesuai namanya ini adalah antena model yagi/pengarah yang panjang mencapai 3 meter.Gain signal yang didapatkan lumayan kuat dan bagus.

Booster yang berfungsi sebagai penguat signal RF UHF disarankan menggunakan DX 9900 yang original.Penguatan sinyal RF menggunakan beberapa tingkat transistor RF,yaitu menggunakan
3 biji C3355 ,dan transistor C3358 satu buah.

Kabel yang digunakan disarankan menggunakan kabel Coaxial 75 ohm merk Kitani.

Antena PF 2000.

Antena PF 2000 atau istilahnya antena si Mandra,karena dulu antena ini diiklankan oleh si Mandra guys,hehe.Panjangnya 2 meter serta ada tiga buah jajar antena.
Untuk booster nya sama menggunakan DX9900 serta kabelnya kitani.

Antena UHF merk KOBE.

Ini mirip sekali dengan antena sigma.Hanya harganya lebih miring sedikit dibawah Sigma gan..
Itulah beberapa merk antena tv untuk meperkuat sinyal pancaran atau penerimaan UHF.Cara memsang antena UHF biar gambarnya jernih tidak bersemut.