Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Transistor Horizontal LG jebol terus,periksa bagian ini !!!

Televisi LG garapan saya ini merupakan tv bekas servisan orang lain yang tidak kelar kelar,menurut yang punyanya katanya alat ini sambil menunjukan komponen yang tiada lain adalah Transitor Horizontal dan katanya alat ini jebol terus terusan,bahkan sudah ada 6 biji yang dibawa oleh empunya tv Lg tersebut.

Menurut teknisi sebelumnya katanya harus ganti mesin saja dengan mesin cina,karena mesin ini sudah tidak bisa diperbaiki.Kata yang punya tv ,setelah transistor horizontal ini diganti beberapa menit tv LG ini menyala,namun kemudian transistor horizontal LG ini mati alias koslet kembali sampai dilakukan sampai 7 kali.

Oke menuju TKP , kesing tv dibuka dan memang benar bagian horizontal khususnya bagian transistor sudah penuh bekas solder alias sering bongkar pasangnya transistor horizontal tv LG ini.Namun ternyata teknisi sebelumnya tidak mengotak otik alat lain apalagi mencabut alat alat yang lain,ini menyebabkan pekerjaan saya sedikit ringan.

 

Menurut pengalaman sebelumnya kerusakan tidak awetnya transistor Horizontal LG ini adalah akibat melemah nya beberapa kapasitor resonansi dibagian horizontal,yaitu kapasitor yang terpasang antara kaki C transistor horizontal ke ground.

Dan memang benar sekali kapasitor 183 2000 volt mengalami penurunan kapasitas setelah diukur oleh kapasitor meter.Dan tak lupa juga melakukan beberapa kapasitor lain dibagian horizontal ini namun kapasitor yang lainnya tidak mengalami penurunan.

Setelah dilakukan pergantian komponen kapasitor ini akhirnya tv dinyalakan serta tegangan vcc out sambil diukur,dan hasilnya transistor horizontalpun dingin dan setelah beberapa jam di cek televisi LG ini normal kembali seperti biasa.

Jadi apa hikmah dari kerusakan ini adalah kita harus mempunyai alat tester atau kapasitas meter untuk mengukur kapasitor tentunya.Walaupun harganya lumayan mahal sekitar 300 sampai 400 ribuan namun tentunya kita harus memaksakan memilikinya.Karena hal tersebut sangat membantu kita dalam melakukan pekerjaan perbaikan televisi khususnya tv tabung seperti televisi LG garapan saya ini.