Pengalaman Mengatasi Baud Oli Yang Dol Atau Aus.

Salah satu hal yang sering dialami pemilik sepeda motor yang sudah berumur lumayan lama pemakaiannya adalah sering diketemukan permasalahan sepele namun sangat penting untuk segera diatasi.

Ya…bocor oli di bagian bawah mesin,oli rembes dari baud pembuangan.Aus nya lubang oli dan rembesan oli akan terlihat jatuh. Apa penyebab oli keluar dari lubang pembuangan.

Sudah jeleknya ring oli pada baud.
Baud oli Sudak slek atau aus atau dol.
Lubang baud oli sudah rusak atau slek.

Cara umum mengatasi permasalahan diatas yang sudah admin alami adalah :
Ring baud oli sering diketemukan sudah tidak rata,yang mengakibatkan keluar rembesan oli sedikit demi sedikit.Tentu saja hal ini harus segera dilakukan penggantian ring tersebut.Disaat sekarang baud oli sering menggunakan kepala besar,tentu baud seperti ini ada yang tidak menggunakan ring,namun ada baiknya ditambahkan ring kuningan dan semacamnya agar tidak bocor.

Baud oli sudah aus dol atau slek.Ini bisa dilihat dari uril baud yang sudah aus.Tentu saja cara mengatasi oli bocor di sini adalah diganti dengan baud oli yang baru.
Lubang pembuangan oli/atau lubang baud oli yang sudah dol atau rusak drat nya yang sudah aus,tentu saja kerusakan pada bagian ini akan sangat sulit mengatasinya,karena tentu harus melakukan proses pembuatan ulir baud dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Tap adalah istilah bengkel dalam melakukan perbaikan lubang baud ini.Kalau pada awal nya menggunakan baud 14 kalau sudah dol ,tentu saja lubangnya harus diperbesar dengan tap dan nantinya menggunakan baud oli yang berukuran 14.Tap adalah salah satu alat untuk pembuatan ulir baru dengan ukuran tertentu.Lubang pembuangan tersebut biasanya di bor dengan ukuran yang sama dengan Tapan yang akan digunakan ,setelah dibor lalu kemudian di tap dengan tapan ukuran tertentu.

Cara lain dalam perbaikan lubang oli yang sudah selek,aus atau dol.

1. Pakai Recoil.

pakai bos sok drat busi.

Selain lubang diperbesar dan di tap seperti yang dibahas diatas ada juga cara memperbaiki lubang yang drat oli yang sudah aus adalah dipasang recoil.Ini bisa dipasang baik sebelum di tap lubangnya itu juga kalau masih memungkinkan lubang dratnya,kalau sudah tidak memungkinkan tentu saja lubang nya di tap kemudian masukan recoil yang ukurannya sama dengan lubang yang sudah ditap tersebut.Recoil adalah salah satu komponen seperti per dimasukan kedalam lubang yang aus tersebut,setelah recoil dimasukan kemudian baud oli yang baru dipasang kedalam recoil tersebut.Recoil menjadi pilihan admin,karena tentu saja nantinya ketika baud dilepas ketika mengganti minyak oli,drat lubang oli blok mesin tidak akan digesek secara langsung,baud oli akan bergesek dengan recoil tersebut dan tentu saja drat recoil akan lebih awet ketika bergesekan dibanding secara langsung tanpa recoil.Recoil tersedia dengan bermacam macam ukuran yang disesuaikan dengan lubang yang sudak selek atau dol tersebut.

2. Pakai sok drat busi.

Besarkan lubang mencapai ukuran baud 19,agar bos tap untuk busi bisa dimasukan kedalam lubang pembuangan oli tersebut.Jangan lupa di tap dengan tapan yang ukuran dratnya halus.Kalau sudah selesai kemudian dipasang sok drat busi tersebut.Setelah selesai dipasang dan rapi kemudian pasang baud nya.Untuk baud bisa menggunakan busi bekas kemudian dipotong ujung nya sedikit,dan bagian yang ada lapisan keramiknya juga dipotong dengan cara di pukul pakai palu.Ini terbukti juga awet sampai sekarang tidak pernah mengalami selek atau aus kembali.

Itulah catatan pengalaman tentang cara mengatasi kerusakan baud dan lubang baud oli mesin pada motor.