Keluhan Yang Sering Terjadi Di Motor Beat Injeksi. 

Maklum motor second, pas nyampai ditangan motor Honda Beat Injeksi keluaran 2013 akhir ini sudah berusia 3 tahun, tentu saja motor sudah ada yang berbeda kondisi nya dengan motor yang baru saja turun dari dealer.

Honda Beat Injeksi ini sudah mulai terasa muncul suara suara aneh dari mesin motor, dan cover bodi juga sudah ada yang kurang presisi, maklum motor sering dipakai ke jalan yang medan nya ancur gan.

Di bawah ini beberapa keluhan yang terasa di motor Honda Beat saya :

Muncul suara pletak pletak dari blok CVT.

Awal yang jadi perhatian utama adalah terdengar nya suara pletak pletak atau dek dek dari blok CVT ketika motor dalak keadaan di gas pertama atau gas dadakan mau berangkat.

Walaupun tidak memengaruhi kepada akselerasi motor namun suara tersebut dirasa rasa mengganggu juga.

Penanganan nya ketika di bawa ke bengkel adalah di ganti V-Belt karena sudah aus dan longgar. Jadi V Belt  tersebut bergesekan sedikit ke bodi CVT ketika motor pertama kali di gas.

Honda Beat ini tenaga kurang ketika di tanjakan.

Ketika di coba di bawa ke medan menanjak yang cukup ekstrim, dan kondisi waktu itu berboncengan dirasakan motor terasa kurang bertenaga dibandingkan motor Beat orang lain.

Penanganan setelah dibawa ke bengkel adalah diganti roller karena sudah aus, serta rumah roller juga diganti karena sudah goplak.

Untuk lebih memaksimalkan tenaga motor Honda Beat ini di tanjakan seperti medan atau daerah dikampung saya yang berbukit bukit  ini maka disarankan roller menggunakan roller racing.

Kelebihan menggunakan roller racing adalah ditanjakan ekstrim serta membawa muatan lumayan berat motor ini bisa di andalkan,namun kekurangan nya adalah ketika dibawa di jalan lurus atau datar dan motor digas kencang, motor akan terasa bergetar ketika mencapai kecepatan tertentu.

Roller Racing tersebut bisa menggunakan merk TDR atau merk Kawahara dengan ukuran 7g.

Motor Beat akselerasi kurang responsif.

Ketika motor di bawa lari dan terkadang berhenti mendadak atau melambat Honda Beat ini dan ketika di gas kembali seakan kurang merespon bahkan bisa dibilang hampir kehilangan tenaga. Namun kalau sudah berlari kembali, tenaga bisa dibilang muncul seperti biasa.

Setelah dibawa ke bengkel penanganan nya adalah diganti kampas ganda otomatis dan rumah mangkok otomatis. Ini disebabkan kampas sudah tipis dan juga rumah otomatis sudah aus.

Motor Beat Injeksi ini susah hidup.

Ketika motor dalam keadaan dingin atau beberapa hari disimpan tidak dipakai, terkadang motor Beat ini susah dihidupkan.

Kalau pun sudah hidup gas harus ditahan karena kalau dilepaskan motor mati kembali dan akan susah lagi kalau dihidupkan. Suara mesin Beat ini mbrebed dan langsam pun kurang normal.

Penanganannya adalah membersihkan filter full pump dan menguras tangki bensin atau tangki bahan bakar.

Motor Beat ketika di bawa ke jalan licin sedikit tidak stabil.

Penyebab nya adalah ban motor baik depan maupun belakang terlalu keras atau full tekanan anginnya, kurangin angin ban motor kalau kita berada di medan jalan yang licin karena becek atau yang lainnya, apalagi kalau melewati jalanan tanah yang licin.

Kalau kita berada diperkampungan yang identik dengan medan jalan yang licin karena hujan, jalan tanah, bebatuan, turunan licin,  dan medan jalan yang tidak rata, maka disarankan pasang ban dalam dan juga hindari penggunaan ban tubeless.

Itulah keluhan keluhan umum di motor beat injeksi setidaknya nya keluhan di motor yang admin kendarai sekarang ini.

Secara keseluruhan motor Honda Beat ini adalah motor yang dapat diandalkan, selain bertenaga juga awet bahan bakar serta akselerasi yang layak di acungi jempol.

Sobat  areaelectro mungkin sekian dulu berbagi pengalaman admin dalam kesempatan kali ini, lain wakti dan kesempatan kita berjumpa lagi di bahasa atau artikel yang lain.